Perbandingan Samsung Galaxy J8 vs J7+

Samsung Galaxy J8 vs J7 Plus
Samsung Galaxy J8 vs J7+ sama-sama berkamera belakang ganda, namun desain berbeda.

Hingga tahun 2018, J8 adalah tipe tertinggi dari Samsung Galaxy J series, sedangkan J7+ merupakan salah satu pilihan terbaiknya varian J7. Dua smartphone ini sama-sama menawarkan kamera belakang ganda, namun seperti yang terlihat pada gambar di atas, masing-masing seri ini beda bentuk desainnya.

Harga baru Samsung Galaxy J7+ di Indonesia sudah turun menjadi Rp 4.049.000 (update Juni 2018), sedangkan J8 belum dirilis.

Mungkin supaya dapat dijual dengan harga yang lebih terjangkau, maka resolusi layar yang J8 miliki tidaklah sebaik yang sebelumnya sudah Samsung tawarkan di J7+.

Tetapi kapasitas memori yang besar, desain bezel tipis yang cantik, layar yang luas, serta baterai berkapasitas besar memang menjadikan J8 jauh lebih menarik daripada semua J series yang sudah Samsung Indonesia rilis.

Beberapa perbedaan antara Samsung Galaxy J8 vs J7+ dapat kita lihat pada tabel berikut ini.

Perbedaan Samsung Galaxy J8 vs J7+

BodiPlastikMetal + kaca
Ukuran layar6.0 inch5.5 inch
Resolusi layar720 x 1480 pixels1080 x 1920 pixels
Kerapatan piksel274 ppi401 ppi
Always-on displayTidakIya
Kamera belakangDual: 16 MP + 5 MPDual: 13 MP + 5 MP
Memori internal64 GB32 GB
Slot microSDDedikasi slotHybrid (pakai slot SIM 2)
ProsesorOcta core 1.8 GHzOcta core (4x2.4 GHz + 4x1.7 GHz)
OS AndroidOreoNougat
BateraiLi-Ion 3500 mAhLi-Ion 3000 mAh
LED flash kamera depanYaTidak

Terlihat pada tabel perbandingan di atas, bahwa masing-masing tipe ada kelebihannya. J7+ Samsung tawarkan dengan bodi metal dan kaca, sedangkan J8 ditawarkan dengan material plastik (polikarbonat).

Spesifikasi Samsung Galaxy J8 walaupun memiliki layar yang lebih luas dengan desain yang kekinian, namun resolusinya tidak sebagus yang dimiliki J7+, kerapatan pikselnya tidak mencapai 300 ppi, jauh lebih rendah ketimbang J7+ yang sudah menawarkan lebih dari 400 ppi.

Lagipula, selain memiliki resolusi yang lebih baik dibandingkan J8, layarnya J7+ juga sudah dilengkapi dengan fitur always-on display yang keren.

Perbandingan kamera belakang menunjukkan, bahwa resolusi Galaxy J8 adalah lebih besar dibanding J7+, demikian juga dengan memori internalnya, sedangkan untuk penggunaan microSD, ia juga lebih baik karena ada slot tersendiri, tidak seperti J7+ yang harus mengorbankan SIM 2.

Kita tidak mengetahui rincian spek prosesor yang J7+ gunakan, sementara J8 menggunakan chipset Qualcomm SDM450 Snapdragon 450 dan GPU Adreno 506. Dan versi OS yang dijalankan J8 juga yang terbaru di tahun 2018.

Untuk baterai, dua model smartphone J series ini Samsung pasangkan dengan yang tanam, namun kapasitas yang J8 miliki adalah lebih besar 500 mAh daripada yang dipunyai J7+.

Dan di bawah ini kita akan melihat daftar spek yang sama antara 2 tipe ponsel ini.

Walaupun sama-sama berkamera depan dengan resolusi yang sama besar, yaitu 16 MP, namun kamera depannya J7+ tidak ada lampu LED flash, sedangkan J8 memilikinya sehingga bisa tetap mendapatkan foto selfie yang bagus, sekalipun berada di saat yang kurang cahaya.

Persamaan Samsung Galaxy J7+ dengan J8

Jaringan GSM / HSPA / LTE
Jenis layarSuper AMOLED
Kamera depan16 MP
Kapasitas RAM4 GB
Kapasitas microSDSampai 256 GB
FM radioAda
SensorSidik jari, rotasi layar, proximity

Selain 3 sensor yang terlihat dalam tabel di atas, J7+ juga memiliki gyro dan compass.

Karena J8 sudah menerapkan desain yang baru, maka letak sensor sidik jarinya adalah di bawah kamera belakangnya, sedangkan untuk J7+ tetap berada di tombol home fisiknya.

Referensi spek / gambar Samsung Galaxy J8 dan J7 Plus: GSMArena.

Demikianlah informasi mengenai perbandingan spesifikasi Samsung Galaxy J8 vs J7+ ini kami sampaikan. Terima kasih dan semoga bermanfaat.